Beranda Daerah Cipari Makmur Didorong Jadi Lumbung Pangan IKN, Kunci Suksesnya Pemberdayaan Petani dan...

Cipari Makmur Didorong Jadi Lumbung Pangan IKN, Kunci Suksesnya Pemberdayaan Petani dan Inovasi

16
0
BERBAGI
Lumbung pangan IKN di Desa Cipari Makmur

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Desa Cipari Makmur di Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah fokus mengembangkan sektor pertanian. Desa ini menjadi salah satu dari lima kawasan pertanian terpadu di Kukar yang bertujuan untuk menunjang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bersama desa lain seperti Sidomukti, Panca Jaya, dan Sidodadi, kami masuk dalam kawasan pertanian untuk menunjang IKN,” kata Kepala Desa Cipari Makmur, Sodikin Sukmana, Sabtu (8/6/2024).

Berbagai bantuan pun digelontorkan untuk mendukung pengembangan sektor ini. Bantuan tersebut meliputi pembangunan infrastruktur seperti embung, jalan usaha tani, pupuk, dan bibit hewan untuk pupuk organik.

“Bantuan pupuk urea dan hewan kambing untuk pupuk organik akan segera diberikan,” jelas Sodikin.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan produksi pertanian di Desa Cipari Makmur dapat meningkat, dan mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim.

“Kami harap dengan upaya ini, kesejahteraan petani dan kemandirian pangan desa bisa tercapai,” ujarnya.

Selain bantuan infrastruktur dan sarana produksi, pemberdayaan petani juga menjadi fokus utama. Hal ini dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan.

“Petani didorong untuk berinovasi dan meningkatkan keahliannya sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi,” ungkapnya.

Dengan pengembangan sektor pertanian yang optimal, Desa Cipari Makmur diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan IKN.

“Kami optimistis dengan semangat dan kerja keras para petani, Desa Cipari Makmur dapat menjadi lumbung pangan yang menopang IKN,” pungkasnya.

Pengembangan sektor pertanian di Desa Cipari Makmur diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, mewujudkan kemandirian pangan desa, dan menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan IKN. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here