Beranda Daerah Desa Lebak Mantan Tingkatkan PADes dengan Usaha Penggemukan Sapi

Desa Lebak Mantan Tingkatkan PADes dengan Usaha Penggemukan Sapi

25
0
BERBAGI
Ternak sapi Desa Lebak Mantan di Kukar

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam rangka meningkatkan potensi Pendapatan Asli Desa (PADes), Desa Lebak Mantan di Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai menekuni usaha penggemukan sapi.

Usaha ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menggandeng kelompok tani Karya Bersama dengan sistem bagi hasil. “Penggemukan sapi ini dimulai dua tahun lalu dan masih berjalan hingga sekarang,” kata Kepala Desa Lebak Mantan, Satibi Yusuf pada Minggu (9/6/2024).

Setiap musim, BUMDes membeli sekitar 20 ekor sapi bali kecil untuk digemukkan dan dijual kembali menjelang Iduladha. Tahun ini, 17 ekor sudah terjual dan 3 ekor masih tersisa.

“Makanan sapi tidak sulit dicari karena Desa Lebak Mantan sedang mengembangkan budidaya kelapa sawit, sehingga banyak rumput di bawah tanaman kelapa sawit,” jelasnya.

Pemerintah Desa Lebak Mantan berterima kasih atas perhatian pemerintah provinsi dan daerah yang telah memberikan bantuan bibit sapi, perawatan sapi, dan Rp65 juta per tahun untuk usaha ini.

“Dengan bantuan ini, diharapkan usaha penggemukan sapi bisa terus berjalan dan BUMDes bisa menambah permodalan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar kedepannya,” pungkasnya.

Usaha penggemukan sapi ini merupakan salah satu upaya Desa Lebak Mantan untuk meningkatkan PADes dan kesejahteraan masyarakat. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here