Beranda Daerah Lebak Mantan Optimalkan Potensi Sawit untuk Dongkrak Ekonomi Desa

Lebak Mantan Optimalkan Potensi Sawit untuk Dongkrak Ekonomi Desa

20
0
BERBAGI
Kebun kelapa sawit Desa Lebak Mantan

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pemerintah Desa Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serius mengembangkan sektor perkebunan, khususnya tanaman kelapa sawit. Hal ini dilakukan bersama masyarakat sekitar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Tanaman kelapa sawit ini berada di kebun desa dan juga kebun plasma dari masyarakat sekitar yang bermitra dengan perusahaan sawit di desa,” kata Kepala Desa Lebak Mantan, Satibi Yusuf, Minggu (9/6/2024).

Saat ini, luas area perkebunan sawit yang dikelola mencapai 16 hektare, dengan 60 persen tanamannya sudah memasuki usia produktif. Hasil panen kelapa sawit ini telah menghasilkan PADes bagi desa, dengan perkiraan produksi 10-20 ton per bulan dan nilai jual mencapai Rp20 juta.

“Sektor perkebunan ini menjadi potensi utama PADes. Oleh karenanya, Pemdes Lebak Mantan akan berupaya maksimal dalam pengembangan sektor perkebunan ini,” jelasnya.

Pengembangan sektor perkebunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lebak Mantan dan berkontribusi pada kemajuan desa.

Desa Lebak Mantan menjadi contoh desa yang serius dalam mengembangkan potensi desanya, khususnya melalui sektor perkebunan kelapa sawit. Upaya ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk meningkatkan PADes dan kesejahteraan masyarakat. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here