Beranda Daerah Menjadi Gerbang IKN, Bandara SAMS Balikpapan Gelar Airport Security Comitee ke-III

Menjadi Gerbang IKN, Bandara SAMS Balikpapan Gelar Airport Security Comitee ke-III

36
0
BERBAGI

Balikpapan, Kalimantan Timur – Menjadi salah satu pintu gerbang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan – Balikpapan gelar Airport Security Comittee (ASC) ke-III bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada tanggal 11 Juni 2024 lalu.

Rapat koordinasi berlangsung di Gedung Serba Guna Kantor Administrasi Bandara SAMS yang dipimpin langsung oleh General Manager Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan yang dihadiri oleh Kepala Subbidang Pengamanan Objek Vital dan Transportasi, Perwakilan BIN Daerah Kaltim, Perwakilan Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII, Perwakilan Lanud TNI AU Dhomber Balikpapan, Perwakilan Polresta Balikpapan, Komandan Rayon Militer 0905-03, Perwakilan Kantor Pelayanan Bea Cukai , Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan, Perwakilan Kantor BBKHIT Kaltim, Perwakilan BKK Kelas I Balikpapan, Perwakilan LPPNPI/AirNav Balikpapan, Perwakilan Stasiun Meteorologi Balikpapan, Perwakilan Angkasa Pura Logistik, Stasiun Manager Garuda Indonesia, Stasiun Manager Lion Grup Balikpapan, Stasiun Manager Pelita Airlines, Direktur Aviako Sepinggan, Perwakilan DPPU Pertamina, Perwakilan Maskapai penerbangan dan Ground Handling.

Rapat koordinasi ASC dilaksanakan sekurang-kurangnya 4 kali dalam setahun sesuai dengan amanat yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional. Pada pertemuan kali ini membahas terkait peraturan Daerah Keamanan Terbatas (DKT) serta Sosialisasi Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab menyampaikan “Persiapan menyambut kedatang para tamu VVIP dan VIP yang akan berkunjung ke IKN yang besar kemungkinan melewati Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan, maka dari itu pada hari ini kita akan melakukan kembali refreshment terkait daerah keamanan terbatas sehingga para anggota ASC dapat turut serta menjaga keamanan khususnya di non-public area dan restricted area.”

Pada kesempatan yang sama, Kepala Subbidang Sigit Karyadi mengatakan “Kehadiran kami disini dalam rangka untuk memperkuat dan asistensi dalam tindak pidana terorisme. Diperkirakan dalam beberapa waktu kedepan, lalulintas dan aktivitas di Balikpapan akan meningkat, karena banyaknya tamu Negara yang akan datang,” tukasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Airport Security Protection Manager terkait Daerah Keamanan Terbatas dilanjutkan oleh Kepala Seksi BNPT terkait Sosialisasi Peraturan BNPT No.3 Tahun 2020. (AdminPena)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here