Beranda Daerah Bupati Kukar Ajak Umat Islam Perkuat Persaudaraan di Momen Idul Adha 1445...

Bupati Kukar Ajak Umat Islam Perkuat Persaudaraan di Momen Idul Adha 1445 H

16
0
BERBAGI
Bupati Kukar, Edi Damansyah saat memberikan sambutan di momen Idul Adha 1445 Hijriah

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengajak umat Islam di daerahnya untuk memperkuat persaudaraan di momen Idul Adha 1445 H. Hal ini disampaikannya saat melaksanakan Shalat Id di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Tenggarong, Senin (17/6/2024).

“Pesan persaudaraan sesama Muslim ini harus disampaikan secara berantai di momentum Idul Adha 1445 H. Apalagi, dia datang menghampiri di tahun 2024 yang beriringan dengan tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak,” ujar Edi Damansyah.

Menurut Edi, Pilkada pada hakikatnya adalah kontestasi politik, namun prinsip Ukhuwah Islamiyah harus tetap dijadikan kunci pemersatu umat.

“Di banyak tempat, pilihan figur pemimpin umat Islam boleh saja berbeda-beda. Namun hendaknya, kita tetap berpedoman pada perintah Allah untuk menguatkan ikatan tali persaudaraan Islam dan tidak bercerai-berai (Wa’tashimu Bi Hablillahi Jamian Wa La Tafarraqu),” tegasnya.

Edi mencontohkan persatuan umat Islam dalam ibadah Haji, di mana jutaan manusia dari berbagai latar belakang dapat disatukan melalui satu perintah dalam rangkaian suci ibadah Haji.

“Kekuatan ibadah haji membuat jutaan manusia dari berbagai latar belakang ras, etnis, suku, bangsa, serta bahasa yang berbeda dapat disatukan melalui satu perintah dalam rangkaian suci ibadah Haji,” jelasnya.

Ia berharap persatuan dan kesatuan umat Islam yang terlihat dalam ibadah Haji dapat menjadi contoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ibadah Haji mampu menyatukan umat Islam dari berbagai belahan benua. Tidak terkira bahwa manusia dari ras mongoloid maupun kaukasoid, dapat menyatu bersama ras negroid dalam satu ikatan Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam),” ungkapnya.

Selain Edi, Shalat Id di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman juga dihadiri oleh Dandim 0906/KKR Letkol (Czi) Damai Adi Setiawan, Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, Kepala Kemenag Kukar Nasrun, dan Kabag Kesra Dendy Irwan Fahriza.

Pada kesempatan tersebut, Edi juga menyampaikan informasi terkait jumlah hewan kurban dan penerimanya.

“Untuk kegiatan qurban telah terkumpul sebanyak 19 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing,” terangnya.

Hewan kurban tersebut akan dipotong dalam waktu paling lama 3 hari dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak.

“Penerima Sudah diinventarisir dan dibagikan paling lambat hari Kamis (tidak melewati hari Tasrik),” jelasnya.

Total kupon yang telah diberikan kepada yang berhak sebanyak kurang lebih 2000 lembar.

Di akhir sambutannya, Edi kembali mengingatkan agar umat Islam memperkuat persaudaraan dan tidak mudah terpecah belah.

“Mari kita jadikan momen Idul Adha ini sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan dan tidak mudah terpecah belah,” pesan Edi. (Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here