Beranda Daerah Kukar Siap Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dan Dukung Konektivitas IKN

Kukar Siap Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dan Dukung Konektivitas IKN

18
0
BERBAGI
Wabup Kukar, Rendi Solihin hadiri penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 Kemenhub RI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin memaparkan kondisi Penyelenggaraan Transportasi Perkotaan di Kukar dalam penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Visi dan Misi ini tidak lain dan tidak bukan untuk mewujudkan Kukar Idaman, yaitu Inovatif, Daya Saing, dan Mandiri,” ujar Rendi, Kamis (27/6/2024).

Komitmen Kukar diwujudkan dengan menggelontorkan dana yang signifikan untuk sektor transportasi. Tercatat, pada tahun 2021-2024 terjadi kenaikan anggaran dari Rp 287 miliar di tahun 2021 menjadi Rp 1,5 triliun di tahun 2024.

“Dana ini digunakan untuk meningkatkan kapasitas Insan Perhubungan melalui Diklat dan kerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Mempawah Kemenhub,” jelas Rendi.

Kukar juga mendorong digitalisasi teknologi sektor transportasi, seperti Si Pedal, SAMSON, Tilang Elektronik, hingga Si Pokir.

“Di tahun 2025, kami bertekad membangun ATCS sebagai Sistem Manajemen Lalu Lintas Terintegrasi,” tambahnya.

Sebagai daerah Mitra IKN, Kukar turut membangun konektivitas antar wilayah, seperti pembangunan Jalan Jonggon-IKN, Jembatan Sebulu, dan menandatangani Kesepakatan Bersama Kawasan Aglomerasi Mitra IKN.

Upaya Kukar membuahkan hasil dengan diraihnya Panji Keberhasilan Bidang Perhubungan Kategori Kabupaten di Kaltim.

“Ini adalah Penghargaan yang prestisius yang diberikan oleh Pemprov Kaltim kepada Kabupaten/Kota yang berhasil meningkatkan pembangunan di bidang Perhubungan,” pungkasnya.

Pembangunan infrastruktur di Kukar diharapkan dapat mendukung kelancaran mobilitas di IKN Nusantara. Komitmen Kukar ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan IKN dan mewujudkan Indonesia Maju. (Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here