Beranda Daerah Sunatan Massal Gratis Sasar 30 Anak dari 5 Desa di Muara Muntai

Sunatan Massal Gratis Sasar 30 Anak dari 5 Desa di Muara Muntai

24
0
BERBAGI
Ketua TP PKK Kukar kunjungi sunatan massal di Muara Muntai

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Majelis Taklim Aswaja Kutai Kartanegara menggelar Sunatan Massal Peduli ke-7 di BPU Kecamatan Muara Muntai, Kamis (27/6/2024). Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak dari 5 desa di Kecamatan Muara Muntai.

Ketua TP PKK Kutai Kartanegara sekaligus Pembina Aswaja Kukar, Maslianawati Edi Damansyah, mengatakan bahwa kegiatan sunatan massal ini sudah dilakukan sejak tahun 2023 di 10 kecamatan dan akan terus dilaksanakan di 10 kecamatan lainnya di tahun ini.

“Harapannya di tahun 2025, kegiatan ini bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kukar dengan jumlah peserta mencapai 50 anak per kecamatan,” ujar Maslianawati.

Sunatan massal ini tidak dipungut biaya dan setiap peserta akan mendapatkan tas, peci, baju koko, dan sarung. Maslianawati juga menjelaskan bahwa sunat ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak muslim, tetapi juga untuk anak non-muslim yang ingin bersunat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain sunatan massal, Aswaja juga akan mengadakan pelatihan fardhu kifayah untuk regenerasi pengurus jenazah. Sebanyak 30 orang, terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki, akan mengikuti pelatihan ini.

“Jangan takut bagi para pengurus jenazah karena nantinya mereka akan menjadi guru bagi para peserta pelatihan fardhu kifayah,” ungkap Maslianawati.

Pada bulan Muharram mendatang, Aswaja juga akan menggelar lomba habsyi yang diikuti oleh 2 regu dan 5 orang ofisial dari setiap kecamatan. Sebelum acara dimulai, akan diadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di mana kepala dinas dan camat akan membaca ayat suci Al-Quran bagi yang muslim dan kitab suci masing-masing bagi non-muslim.(Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here