Beranda Daerah Jembatan Sebulu Kukar Ditargetkan Rampung Dua Tahun, Hubungkan Wilayah Hulu dan Muara...

Jembatan Sebulu Kukar Ditargetkan Rampung Dua Tahun, Hubungkan Wilayah Hulu dan Muara Bengkal

28
0
BERBAGI
Kepala Dinas PU Kukar, Wiyono saat memberikan sambutan

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Jembatan Sebulu di Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) ditargetkan rampung dalam waktu dua tahun. Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah hulu Kukar dan Muara Bengkal, Kutai Timur (Kutim).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wiyono, dalam laporannya pada acara groundbreaking pembangunan jembatan tersebut di Lokasi Pemancangan Tiang Pertama Desa Sebulu Modern Kecamatan Sebulu, Jumat (28/6/2024).

“Sesuai keinginan Pak Bupati (Edi Damansyah), jembatan ini diupayakan selesai dua tahun,” ujar Wiyono.

Jembatan Sebulu memiliki panjang keseluruhan 915 meter, dengan bentang dari ujung sungai ke ujung sungai di seberangnya 471 meter dan bentang tengah 270 meter. Model jembatan yang digunakan adalah pelengkung baja (steel bowstring tied arch), sama dengan jembatan Kutai Kartanegara pertama di Tenggarong.

Pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari misi keempat Kukar Idaman, yaitu meningkatkan infrastruktur dasar dan konektivitas wilayah. Jembatan ini menjadi idaman masyarakat Sebulu dan wilayah hulu Kukar lainnya.

Desain pembangunan Jembatan Sebulu

“Jembatan ini tak hanya menghubungkan wilayah hulu Kukar tapi juga menghubungkan akses Muara Bengkal Kutim, sehingga lebih cepat ke Samarinda,” jelasnya.

Total anggaran pembangunan jembatan ini mencapai Rp 650 miliar, dengan anggaran untuk tahun 2024 sekitar Rp 200 miliar.

Di sisi jembatan di Sebulu Modern nantinya akan dibangun rest area yang dilengkapi panggung pertunjukan, tempat kuliner dan ekonomi kreatif, serta musholla.

“Dengan harapan agar ekonomi masyarakat bergerak cepat,” ujarnya.

Wiyono berharap pembangunan jembatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Ia pun meminta dukungan dari masyarakat dan semua pihak agar target selesai tepat waktu.

Sementara itu, Direktur PT. Yasa Patria Perkasa Purnomo Edi Achmad Meisuri, selaku kontraktor pelaksana proyek, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Saya optimistis bahwa pengerjaan tahap pertama akan selesai tepat waktu dan sesuai dengan standar kualitas dan keamanan. Saya juga akan memberdayakan tenaga kerja lokal dalam proyek pembangunan jembatan Sebulu ini,” ucap Purnomo Edi. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here