Beranda Daerah KKPD Hadir, Belanja Makan Minum Dinas di UMKM Kukar Jadi Lebih Mudah

KKPD Hadir, Belanja Makan Minum Dinas di UMKM Kukar Jadi Lebih Mudah

22
0
BERBAGI
Asisten III Sekretariat Daerah Kukar Dafip Haryanto, hadiri launching KKPD

Kutai Kartanegara. Kalimantan Timur – Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto menyambut baik peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim).

“Inisiasi KKPD ini didorong oleh Bupati Kukar untuk memberikan solusi terhadap belanja kecil perjalanan dinas dan juga untuk belanja makan minum pada UMKM yang ada di Kukar, jadi tidak harus menunggu proses pencairan yang cukup lama,” ujar Dafip, Jumat (28/6/2024).

Menurut Dafip, KKPD merupakan bagian dari upaya elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota se-Kaltim.

“Ini akan diberlakukan secepatnya, dimana SK pemegang KKPD setiap perangkat daerah sudah ada. Ini untuk memudahkan percepatan perputaran perekonomian, jadi belanja makan minum misalnya bisa dilakukan kas melalui KKPD ini,” ungkapnya.

Tujuan dari KKPD adalah untuk meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang tertib, efisien, efektif, transparan, dan bertanggung jawab, serta memperhatikan asas keadilan dan kepatutan demi manfaat masyarakat.

Lebih lanjut Dafip menjelaskan, saat ini tahapan menuju penggunaan KKPD sudah dilaksanakan, termasuk penetapan keputusan gubernur tentang batas uang ketersediaan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim. Setelah peluncuran, akan dilakukan pertemuan dan sosialisasi mengenai cara penggunaan teknis KKPD.

“KKPD ini diharapkan menjadi solusi untuk belanja kecil perjalanan dinas dan juga untuk belanja makan minum pada UMKM yang ada di Kukar,” pungkasnya.

Peluncuran KKPD ini disambut positif oleh berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia Kaltim dan Bankaltimtara. Diharapkan KKPD dapat menjadi solusi yang efektif untuk mempercepat proses transaksi dan meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here