Beranda Daerah Kukar Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Aksi Penanaman Pohon di Pulau Kumala

Kukar Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Aksi Penanaman Pohon di Pulau Kumala

26
0
BERBAGI
Asisten II Ahyani Fadianur Diani melakukan penanaman bibit pohon

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar aksi penanaman pohon di kawasan Zona Keanekaragaman Hayati (Kehati) Pulau Kumala, Minggu (30/6/2024).

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar ini dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahyani Fadianur Diani. Dalam kesempatan tersebut, turut dilakukan penyerahan Piagam Apresiasi Program Kampung Iklim tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kategori Pratama kepada Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana dan Desa Sarijaya Kecamatan Sangasanga.

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Ahyani Fadianur Diani, menekankan pentingnya pemulihan lingkungan sebagai kunci untuk membalikkan arus degradasi lahan. Pemulihan ini, lanjutnya, dapat meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

“Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim,” ujar Ahyani Fadianur Diani.

Lebih lanjut, Ahyani Fadianur Diani menerangkan bahwa tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

“Tema ini, menyoroti pentingnya tindakan masyarakat global dalam memulihkan lahan terdegradasi hingga mitigasi perubahan iklim,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kukar Slamet Hadiraharjo menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu upaya DLHK dalam melestarikan dan melindungi lingkungan, khususnya di Pulau Kumala.

“Kami akan ambil bagian membantu merawat dan melestarikan khususnya di zona keanekaragaman hayati (Kehati),” kata Slamet.

Slamet Hadiraharjo juga mengungkapkan bahwa DLHK Kukar telah lama mencari lahan untuk zona Kehati, Taman Hutan Raya (Tahura), dan Kebun Raya, sebagai bagian dari program dedikasi kepala daerah.

“Hingga saat ini belum mendapatkan, karena memang sangat sulit menemukan satu hamparan dengan luasan tertentu. Alhamdulillah, saya sampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dengan izinnya kita bisa mendapatkan area yang luasannya memenuhi syarat untuk zona Kehati,” tutupnya.

Aksi penanaman pohon di Pulau Kumala ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pelajar, dan masyarakat. Ribuan pohon ditanam di area seluas 10 hektare, dengan jenis pohon yang ditanam antara lain trembesi, mahoni, dan ketapang laut.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kukar dalam melestarikan lingkungan dan menanggulangi dampak perubahan iklim. Diharapkan dengan adanya penanaman pohon ini, dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar Pulau Kumala. (Adv/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here