Beranda Daerah Bupati Kukar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran dan Minta Penguatan Pencegahan

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran dan Minta Penguatan Pencegahan

17
0
BERBAGI
Bupati Kukar, Edi Damansyah berikan bantuan kepada korban kebakaran

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Kebakaran melanda Jalan Mangkuraja RT 20 Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) pada Sabtu malam (29/6/24). Akibatnya, 5 rumah hangus terbakar dan 18 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Bupati Kukar Edi Damansyah langsung meninjau lokasi kejadian dan menyerahkan bantuan pada Minggu (30/6/2024). Bantuan tersebut berupa bahan pangan, peralatan memasak, pakaian sekolah, serta perlengkapan tidur dan mandi.

“Atas nama Pemerintah dan pribadi kami menyampaikan turut berduka, turut merasakan apa yang bapak ibu rasakan, karena segala kejadian ini diluar kemampuan kita, dan tidak ada satupun diantara kita yang menghendaki kejadian ini,” kata Edi Damansyah.

Edi juga meminta Camat, Lurah, dan Ketua RT untuk lebih peka dalam menjaga lingkungan dan memaksimalkan upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi musibah serupa.

“Semoga bantuan ini dapat membantu memberikan keringanan atas beban-beban yang saudara-saudara rasakan saat ini,” ungkapnya.

Kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 23.45 WITA dan berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar dan relawan. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Lurah Loa Ipuh Eri Suparjan mengatakan bahwa bantuan dari Program 50 juta per RT yang dialokasikan untuk pengadaan pemadam portabel sangat membantu dalam memadamkan api.

“Dari 50 juta itu ada untuk pemadam portabel ini sangat terasa manfaatnya saat kejadian tadi malam, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu para korban kebakaran,” ujarnya.

Edi berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih waspada dan meningkatkan upaya pencegahan kebakaran.

“Ia berharap kepada Camat, Lurah, Ketua RT, supaya dari kejadian ini menjadi pelajaran agar lebih peka menjaga lingkungan, agar tidak terjadi lagi musibah serupa dengan maksimalkan upaya/ikhtiar pencegahan,” ucapnya.

Bantuan yang diberikan oleh Pemkab Kukar kepada korban kebakaran tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan terhadap warga yang tertimpa musibah.

“Semoga bantuan ini dapat membantu memberikan keringanan atas beban-beban yang saudara-saudara rasakan saat ini,” harapnya.

Kebakaran di Kukar ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu waspada dan siaga terhadap bahaya kebakaran. Pentingnya kerjasama antar pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran juga perlu ditingkatkan.

Dengan kepedulian dan kebersamaan, diharapkan musibah seperti ini dapat diminimalisir dan korban-korban yang terkena dampak dapat segera mendapatkan bantuan dan pemulihan. (Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here