Beranda Daerah Sekda Kukar Minta TKKSD Jadi Penggerak Utama Kerja Sama Daerah

Sekda Kukar Minta TKKSD Jadi Penggerak Utama Kerja Sama Daerah

15
0
BERBAGI
Sekda Kukar, Sunggono hadiri rapat asistensi penguatan peranan dan fungsi TKKSD

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono meminta Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) untuk menjadi penggerak utama dalam meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan publik di Kukar.

Hal tersebut disampaikan Sunggono dalam Rapat Asistensi Penguatan Peranan dan Fungsi TKKSD dan Percepatan Tindak Lanjut Pemetaan Potensi Daerah, yang digelar di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (2/7/2024).

“Kerja sama diharapkan menjadi salah satu metode inovatif dalam meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan publik,” kata Sunggono.

Sunggono menjelaskan, TKKSD diharapkan mampu merencanakan objek-objek yang akan dikerjasamakan, melaksanakan kerjasama, hingga melaporkan hasil kerjasama daerah.

“TKKSD harus mampu mengidentifikasi urusan pemerintah yang bisa dikerjasamakan serta mampu memetakan kelemahan dan potensi-potensi urusan pemerintahan yang bisa dikembangkan, ditingkatkan melalui pola kerja sama daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sunggono berharap agar TKKSD dan bagian kerjasama dapat menjadi sumber informasi bagi kabupaten, baik dalam informasi mitra kerjasama maupun potensi-potensi unggulan untuk dikerjasamakan.

“Sehingga diharapkan Bagian Kerjasama mampu menjadi agen penggerak dalam melakukan kerjasama daerah sekaligus dapat mendukung tercapainya Visi Misi Daerah serta lebih meningkatkan penyelenggaraan layanan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Setkab Kukar Hj Ismi Nurul Huda mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka memaksimalkan perencanaan dan pelaksanaan kerjasama daerah sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 139/SK-BUP/HK/2024 tentang Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Dimana TKKSD berperan penting dalam proses kerja sama daerah dimulai dari perencanaan – pemetaan – fasilitasi sampai dengan monitoring dan evaluasi kerjasama daerah,” jelas Ismi Nurul Huda.

Kegiatan ini diikuti 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta perwakilan 6 kecamatan dalam wilayah Kutai Kartanegara. Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini adalah Agung Nugroho Widyohardjo, Kebijakan Ahli Muda Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Bandung dan R. Himawan Prasetyo Wahyu.

Dalam kesempatan tersebut, Sunggono juga menekankan pentingnya pemetaan potensi daerah untuk mendukung kerjasama antar daerah.

“Pemetaan potensi daerah menjadi kunci dalam memaksimalkan kerjasama antar daerah. Dengan mengetahui potensi masing-masing daerah, kita dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Sunggono berharap, dengan kerjasama antar daerah yang efektif, Kukar dapat terus meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan publik bagi masyarakatnya.

Sekda Kukar Sunggono meminta TKKSD untuk menjadi penggerak utama dalam meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan publik di Kukar. Sunggono juga menekankan pentingnya pemetaan potensi daerah untuk mendukung kerjasama antar daerah. (Adv/Prokom Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here