Beranda Daerah Kepala Dinas DPMD Sebut Dua BUMDes di Pedalaman Kutai Kartanegara Berkontribusi Tinggi...

Kepala Dinas DPMD Sebut Dua BUMDes di Pedalaman Kutai Kartanegara Berkontribusi Tinggi ke PADes

174
0
BERBAGI

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah pedalaman Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mengelola bisnis mereka secara profesional dan memberikan kontribusi besar ke Pendapatan Asli Desa (PADes).

Salah satu contoh BUMDes yang sukses adalah Bersinar Desaku di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis.
BUMDes ini mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal di atas Danau Melintang, yang mampu menyediakan listrik bagi seluruh warga desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengatakan bahwa BUMDes Bersinar Desaku setiap tahunnya menyumbang PADes sekitar Rp 70 juta hingga Rp 100 juta.

“Para pengelola usaha di tingkat desa ini berdedikasi dan berintegritas tinggi,” ujarnya, Jumat (20/10/2023).

BUMDes lain yang juga menonjol adalah Payang Sejahtera di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu. BUMDes ini menyetor ratusan juta setiap tahun ke kas pemerintah desa setelah dikelola secara profesional.

Arianto menambahkan bahwa DPMD Kukar menargetkan peningkatan kontribusi 10% dari BUMDes ke PADes setiap tahun. Saat ini, ada sekitar 25 BUMDes yang sudah punya laba dan bisa menyumbang PADes.

“BUMDes yang punya laba dan menyumbang pendapatan asli desa jadi pertumbuhannya 10% setiap tahun. Awal kemarin kita ukur lebih sudah 29%,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Share Now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here